Allah Is My GOD, Islam Is My Religion, Muhammad Is My Prophet, Quran Is My Book. Alhamdulillah

Selasa, 11 Juni 2013

FEDERAL RESERVE SYSTEM


Federal Reserve System
           Jika suatu perekonomian mengandalkan pada system uang  fiat, seperti di Negara-negara maju misalnya amerika, england, haruslah ada badan keuangan yang mengatur system tersebut. Badan tersebut bertanggung jawab atas semua system tersesebut. Di Indonesia kita kenal dengan BI, sedangkan di US Badan keuangan tersebut  di kenal dengan sebutan Federal Reserve (Bank sentral AS), sering di singkat Fed.  setiap Negara haruslah mempunyai bank sentral, jika tidak maka perekonomian  suatu Negara tidak bisa dipantau dan di kendalikan. Karena intitusi ini dirancang untuk mengawasi system perbankan serta mengatur jumlah uang yang beredar dalam perekonomian. Ada beberapa bank central yang berpengaruh di dunia selain Fed yaitu Bank of England, European Central Bank dan Bank of Japan.
                Fed di dirikan sekitar tahun 1914 setelah beruntunnya kegagalan bank-bank pada tahun 1907 menaykinkan kongres bahwa amerika membutuhkan satu intitusi yang khusus untuk mengawasi dan menjaga  kesehatan system perbankan Negara.  Sekarang Fed dijalankan oleh Dewan Gubernur, dengan anggota sebanyak 7 orang yang diangkat oleh presiden dengan persetujuan senat.  Kira-kira seorang gubernur bank tersebut memiliki rata-rata masa jabatan 14 tahun, masa jabatan yang lumayan panjang  yang diberikankepada gubernur Fed bukanlah tanpa alasan. Mereka diberikan masa jabatan panjang supaya mereka terbebas dari tekenan-tekanan politik jangka pendek pada saat mereka merumuskan sebuah kebijakan tentang menoter tersebut.
Di antara ketujuh anggota gubernur itu, kedudukan yang terpenting adalah ketua Dewan. Ketua dewan ini memiliki hak untuk mengatur staf, meminpin rapat-rapat dewan atau memberikan saks secara rutin  mengenai kebijakan-kebijakan yang di ambil oleh fed di hadapan komite-komite kongres. System Fed terdiri atas dewan Fed yang bekedudukan di Washington D.C., sedangkan sekitar 12 bank regional yang berada di kota besar di AS. Untuk presiden regional tersebut di pilih oleh dewan dan dan direktur masing masing bank regional tersebut. Sedangkan anggotanya di angkat dari tokoh-tokoh komunitas bisnis dan perbankan setempat.
Tugas Pokok Fed
1.     Mengatur bank-bank dan menjaga kesehatan system perbankan, sebagain besar tugas ini menjadi tanggung jawab bak regional  Fed. Fed ini juga berperan sebagai banknya bank. Artinya Fed akan memberikan pinjaman kepada bank yang ingin melakukan pinjaman. Saat bank  mengalami krisis financial maka bank fed berfungsi sebagai tempat pinjaman terakhir  ketika bank tidak tempat untuk meminjam lagi.
2.    Mengendalikan uang yang beredar dalam perekonomian, disebut juga sebagai jumlah uang yang beredar (money suppy). Keputusan-keputusan yang diambil oleh para pembuat kebijakan yang berfokus pada jumlah uang yang beredar menyusun apa yang sering kita sebut dengan kebijakan-kebijakan moneter.
  
Perangkat Fed dalam mengendalikan moneter
1.     Operasi pasar terbuka (open market operation) merupakan pembelian dan penjualan surat obligasi pemerintah America serikat yang dilakukan oleh Federasi Reserve.
2.    Syarat cadangan minimum (reserve requirement)
3.    Tingkat disconto yaitu : suku bunga atas penjaman (discount rate) suku bunga atas pinjaman yang diberikan Fed kepada Bank-bank.

 Di indonesia  ketiga perangkat yang digunakan oleh Fed tersebut juga dipakai . kebijakan yang di ambil oleh BI untuk mengontrol moneter. BI bertugas untuk mengawasi jumlah perederaan keuangan negara. seperti kasus yang pernah menimpa indonesia pada ahkhir tahun 2007 atau awal tahun 2008 dimana indonesia mengalami krisis menoter. indonesia pada tahun tersebut merupakan salah satu negera yang berhasil bertahan dari krisis yang melanda. hal ini tidak terlepas dari sistem perbankan indonesia yang menerapkan dus sistem. yaitu sistem konpensional dan sisterm syariah. dimana sistem bank yang menganut sisterm syariah di anggap paling kuat untuk menghadapi krisis tersebut, meski ada unsur-unsur lain yang ikut berperan. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Entri Populer