Allah Is My GOD, Islam Is My Religion, Muhammad Is My Prophet, Quran Is My Book. Alhamdulillah

Kamis, 16 Mei 2013

MENGAPA NYAMUK DICIPTAKAN ALLAH KALAU HANYA MEMBAWA PENYAKIT



Nyamuk merupakan hewan kecil penghisap darah mungkin sangat di benci semua orang karena gigitannya yang menyebabakan gatal-gatal, juga karena nyamuk bisa menyebarkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya seperti malaria dan demam berdarah. Lalu timbul pertanyaan dalam hati kita mengapa nyamuk di ciptakan oleh allah kalau hanya membawa penyakit pada manusia. Anggapan orang bahwa nyamuk adalah penghisap dan pemakan darah tidaklah sepenuhnya benar. Hanya nyamuk betina yang menghisap darah dan bukan yang jantan. Di samping itu, nyamuk betina menghisap darah bukan untuk kebutuhan makan mereka. Sebab baik nyamuk jantan maupun betina, keduanya hidup dengan memakan "nectar", yakni cairan manis yang disekresikan oleh bunga tanaman (sari madu bunga). Satu-satunya alasan mengapa nyamuk betina, dan bukan jantan, menghisap darah adalah karena darah mengandung protein yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan telur nyamuk. Dengan kata lain, nyamuk betina menghisap darah untuk mempertahankan kelangsungan hidup spesiesnya.

Sabagai ciptaan allah istilah nyamukpun dalam alqur`anul karim ada kita jumpai. Ayat ini juga bisa menjawab pertanyaan kebanyakan orang bahwa nyamuk cuma bisa membawa mudharat bagi manusia, yaitu dalam surah albaqarah ayat 26 yang terjemahannya berbunyi :

“Sesungguhnya Allah tidak malu membuat perbandingan apa saja. (semisal ) nyamuk hingga ke suatu yang lebih daripadanya (karena perbuatan itu ada hikmahnya) yaitu kalau orang-orang yang beriman maka mereka mengetahui bahwa perbandingan itu benar dari tuhan mereka. Dan adapun orang kafirpula mereka berkata  apakah maksud allah membuat perbandingan dengan ini (jawabnya) : tuhan akan menjadikan banyak orang sesat dengan sebab perbandingan itu, dan akan menajadikan banyak orang mendapat petunjuk dengan sebabnya; dan tuhan tidak akan menjadikan sesat dengan sebab perbandingan itu melainkan orang-orang yang fasik.(QS.2. 26 )


Bagi orang beriman dan bagi mereka mau mengambil hikmah di balik diciptakannya nyamuk tentu hal ini sebuah hikmah.  kalau tidak masih ragu akan ciptaan allah yang bernama nyamuk mari kita lihat bukti-bukti yang sebenarnya sudah ada disekeliling kita. Karena nyamuk merupakan mahkluk yang membawa penyakit tentu manusia tidak ingin di gigit dan di jangkiti penyakit dengan nyamuk ini.  Maka manusia  mencari sesuatu yang bisa membuat nyamuk pergi menjauh dari kita. Hal ini dimanfaatkan oleh para produsen untuk menciptakan sesuatu yang bisa mencegah nyamuk. Maka muncul ide manusia untuk membuat obat anti nyamuk. Obat nyamuk ini diproduksi oleh oleh produsen. Selanjutnya produsen tentu membutuhkan karyawan dengan jumlah yang banyak. Dari sini tentu kita sudah tahu langkah selanjutnya. Setelah sebuah produk ada tentu butuh distributor hingga sebuah produk itu bisa sampai ke konsumen, setelah lahir obat anti nyamuk, selanjutnya giliran para usawan untuk melihat pasar, dari obat nyamuk bakar lahir lagi obat nyamuk lation dan selanjutnya. Akhirnya  kita sadari   nyamuk yang tadinya kita anggap di ciptakan hanya untuk membawa mudharat ternyata bisa membangun ekonomi manusia. Dibukanya pabrik obat nyamuk yang mempekerjakan  karyawan, tingkat pengangguran berkurang karena lapangan kerja telah dibuka.

Seperti Itulah hikmah dari nyamuk yang bisa membuat lapangan pekerjaan, memang bukan nyamuk yang membuat lapangan pekerjaan. Yang membuat nya adalah pengusaha yang menciptakan pabrik. Tapi tetap nyamuk yang menjadi sebab timbulnya lapangan pekerjaan baru. setelah itu ratusan bahkan  ribuan orang bisa bekerja di tempat pabrik obat nyamuk tersebut.  Masihkah engkau ragu akan ciptaan allah swt.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Entri Populer