Allah Is My GOD, Islam Is My Religion, Muhammad Is My Prophet, Quran Is My Book. Alhamdulillah

Rabu, 11 Januari 2012

KEISTIMEWAAN AJARAN ISLAM


KEISTIMEWAAN AJARAN ISLAM. 

          Islam merupakan agama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw. Satu agama petunjuk menuntun manusia kepada jalan yang benar. Sebagai agama wahyu yang tentu ini bukan hasil dari pikiran manusia. Ajaran agam islam merupakan ajaran yang komplit. Yang semakin kita pelajari semakin mendalam ajarannya. Semua aspek kehidupan ada dalam ajaran islam. Sungguh luar biasa.

  “al-quran bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi al-quran membenarkan kitab-kitab suci yang sebelumnya yang menjelaskan segala suatu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman (Q.S.yusuf. ayat 111)

  1. Islam bersifat Ajaran Ilahi

        Ajaran Islam merupakan ajran Ilahi. Ajaran ini tidak memberi tempat untuk  berkicampungan akal pikiran manusia, seperti ajaran buatan manusia. Sipat ini menyebabkan ajaran Islam itu hidup abadi, dan mampu menanggulagi masalah–masalah kehidupan yang terus berkembamg. Persolan-persoalan baru, selamanya mengikuti arus kekuatan yang berada dalam ajaran itu. Penciptaan Allah swt, yang pengetahuanya yang meliputi segala sesuatu, oleh sebab itu, ajaran itu mencakup segala persoalan hidup, bahkan satu atom pun tidak ada yang luput dari padanya.

“apakah tuhan yang menciptakan itu, sama dengan tuhan- tuhanan yang tidak menciptakan? Apakah kamu tidak megambil pelajaran dari padanya”(Q.S-Nabl, Ayat 17)
      
Sebaliknya, di pihak lain. Sipat”ciptaan manusia” yang ada dalam ajaran-ajaran yang lain-lain,itu merupakan kuman yang menggerogoti  dan menyebakkan kemusnahannya, itu titik tolak tempat munculnya kekurangan dan kepincanganya.

  1. Islam bersifat sempurna                                                                                                                                        
      Paktor kedua yang merupakan keistimewaan ajran Islam, bahwa Islam itu sempurna, mencakup segala peraturan yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. ada peraturan yang menetapkan bagaimana hubungan individu dengan jiwa sendiri, lalu bagaimana hubungan dengan keluarganya, dengan tuhanya, dengan masyrakatnya, dengan negaranya.
 Ada dasar-dasar dan prinsip, yang mengatur  bagaimana seharusnya perjalanan masyarakat bersama-sama dengan anggota-angotanya, sesuai dengan naluri manusia yang murni, menurut pandangan  Islam terhadap alam raya serta manusia dan kehidupan ini.
      Keagungan ajaran Islam, bahwa itu merambes dalam segala bagian-bagianya,dan juga keseluruhanya. dan ajaran ini berjalan dengan landasan aqidah yang merupakan fundumen tempatnya memancar.
      Memang benar, dalam zaman modern ini kadang–kadang diketemukan sesuatu ajaran atau peraturan ciptaan manuisa, yang nampaknya sempurna dalam suatu bidang kehidupan,  tapi kalau di teliti, ternyata ajaran itu tidak sempurna dalam dengan perincianya. Ternyata bahagian-bahagianya tidak seimbang dan tidak bersesuaian. dalam hal itu terjadikarena manusia itu merupakan campuran dari teori dan teori itu, peraturan dan ketentuan itu, itukesemuannya dihimpun dan dihubungkan satu sama lain. Peraturan ini tidak merupakan satu kesatuan yang utuh, yang memancar dari satu sumber yang wajar, dan suatu aqidah yang meyakinkan.
      Keangugan Islam juga nampak dalam harmonisnya sebagai peraturan umum, yang mencakup segala perincianya, dan bercabang-cabang dalam ukuran yang seimbang, antara bermacam-macam keperluan dan tuntutan anggota, jasmani dan rohani. keseimbangan ini mengakibatkan ajaran Islam tidak terlalu memberatkan suatu aspek dengan megurangi keperluan aspek yang lain. Jadi, ajaran Islam merupakan pembahagian kepentigan secara wajar, dan demikian dapat menjamin ketenangan dalam kehidupan manusia.

  1. Islam bersifat merombak dan membagun
Termasuk keistimewaan islam juga, bahwa Islam berisikan peraturan-peraturan yang bertujuan merombak masyarakat jahiliyah secara keseluruhan, kemudian membagun masyarakat Islam dengan struktur yang baru. Islam tidak menerima model tambal sulam, atau perbaikan dalam beberapa aspek kehidupan manusia saja. Islam tidak membenarkan adanya perbaikan hanya dalam sebagian dari tradisi jahiliyah saja. Islam tidak membenarkan umatnya berdampingan dengan masyarakat  jahiliyah, kecuali hanya menunggu masyarakat jahiliyah untuk dapak dirombak secara total, kemudian dibangun masyarakat Islam sebagai penggantinya. demikian juga, Islam tidak putus hanya manjadi salah satu sumber dalam perundang-undagan dalam negara itu. Demikian  juga, Islam tidak puas kalau yang diterapkan hanya sebagian dalam ajaranya. Islam baru puas, jika seluruh ajaranya diterapkan. dan juga, Islam tidak menerima untuk ditetapkan sebagai agama negara, dengan pegertian bahwa rakyat di negara itu melakukan ibadahnya hanya menurut Islam, Islam masih menuntut  sebagai agama negara tidak hanya soal ibadah. tapi merupakan satu-satuanya sumber peraturan dan pandangan hidup dalam negara itu.
         Jadi, Isalam tidak mau dibagi-bagi. Dan tidak puas sebelum keseluruhan ajaran diterapkan, baik berupa perintah ataupun larangan baik berupa “ibadah ataupun lainya dalam Alqur-an diterangkan :          

“apakah kamu beriman kepada sebahagian kitab suci. dan kafir kepada sebahagianya yang lain? Tiada balasan bagi orang membuat demikian selain kehinaan dalam kehidupan dunia ini. dan hari kiamat kelak mereka akan dikembalikan kepada siksa yang berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat”(Q.S.AL-Baqarah,ayat 85)
                                                                                                                  
4 .  Islam bersifat abadi

           Keistimewaan yang keempat ialah bahwa ajaran Islam itu dapat dan mampu menanggulangi  segala persoalan hidup, memimpin dan mengarahkan kehidupan manusia dalam segala periode. Dan  dalam hal ini banyak peraturan-peraturan untuk di gubah untuk menghadapi suatu masalah dalam situasi tertentu, dan dapat sukses dalam periode yang tertentu; tetapi kemudian tidak sesuai lagi, sudah ketinggalan zaman, dan nampak kekurangan-kekurangan dan kejanggalan-kejanggalnya. sedang Islam berisikan landasan peraturan, yang memungkinkan ia dapat berlaku untuk selamanya. Islam memiliki sifat stabil. Yang menyebakkan peraturan dapar diterapkan untuk memimpin umat manusia, dalam waku dan periode bermacam-macam

       5.      Islam berlaku untuk seluruh dunia

                Keistimewaan yang kelima, bahwa ajaran islam berlaku untuk seluruh dunia. maksudnya, bahwa undang-undang dan peraturan–peraturan islam sanggup menyerap segala persoalan hidup manusia, yang terus menerus berkembang dan meningkat di segala tempat, di seluruh pelosok dunia ini. Islam sanggup mengatur kehidupan manusia di daerah yang mana saja,di seluruh permukaan bumi.
                 Ajaran Islam bukanlah produksi dari lingkungan hidup yang tertentu, dan bukan pula reaksi suatu tradisi, yang kurang baik disuatu daerah, karena produksi yang demikian itu adalah sifat dan ajaran dan peraturan buatan manusia. Sedang Islam adalah peraturan Ilahi yang dimaksudkan untuk menjadi pedoman hidup bagi umat manusia seluruhnya, dalam berbagai macam daerah kebudayaanya. Sifatnya yang bersumber dari wahyu Ilahi, mewarnai peraturan undang-undanya. Oleh sebab itu Islam dapat mengintari wilayah yang luas mampu untuk membentuk kehidupan yang makmuran penuh kreasi dalam segala bidang.
               Dan dengan keistimewaan ini, Islam berlainan dengan segala peraturan gubahan manusia, karena gubahan ini diketengahkan olah masyarakat. Islam menyelamatkan masyarakat manusia dari susana bertentangan dengan suatu konsep dengan konsep yang lain.  

Minggu, 08 Januari 2012

Kelebihan Ilmu dari Harta


Rasulullah SAW bersabda, "Aku adalah kota ilmu dan Ali adalah pintunya." Pernyataan Rasulullah ini menimbulkan perasaan dengki kaum khawarij kepada Ali bin Abi Thalib. Sepuluh orang dari mereka kemudian berencana menguji Ali dengan sebuah pertanyaan yang sama. Jika Ali bisa menjawab pertanyaan itu dengan jawaban yang berbeda-beda, baru mereka akan percaya pada hadits nabi SAW di atas. Lalu masing-masing dari mereka menemui Ali dan mengajukan pertanyaan, "Wahai Ali, lebih istimewa mana antara ilmu dan harta?" Dengan tenang namun tangkas, Ali bin Abi Thalib menjawab kesepuluh pertanyaan itu dengan jawaban yang berbeda beda disertai dengan alasannya:
"Pertama, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab ilmu adalah warisan para nabi, sedangkan harta adalah warisan Qarun, Haman dan Fir'aun.
Kedua, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab ilmu selalu menjagamu, sedangkan harta, engkaulah yang harus menjaganya.
Ketiga, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab orang berilmu akan memiliki banyak kawan, sedang orang kaya banyak musuhnya.
Keempat, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab ilmu bila dibagikan akan bertambah, sedangkan harta bila dibagikan akan berkurang.
Kelima, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab orang berilmu dipanggil dengan sebutan mulia, sedang orang berharta dipanggil dengan sebutan hina.
Keenam, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab ilmu tidak perlu dijaga, sedang harta minta dijaga.
Ketujuh, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab orang berilmu di hari kiamat dapat memberi syafa'at, sedangkan orang berharta di hari kiamat akan dihisab dengan sangat berat.
Kedelapan, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab ilmu jika dibiarkan tidak akan pernah rusak, sedang harta jika dibiarkan pasti akan berkurang (bahkan habis dimakan)
Kesembilan, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab ilmu menerangi hati, sedangkan harta bisa merusak hati (karena menyebabkan sifat kikir, takabur, dll).
Kesepuluh, ilmu lebih istimewa dari harta. Sebab orang berilmu bersifat lemah lembut dan selalu taat kepada Allah, sedang orang berharta seringkali bersifat takabur dan ingkar kepada Allah."
            Sepuluh orang khawarij yang bertanya itu justru kemudian ditantang oleh Ali bin Abi Thalib, "Seandainya seluruh kaum kalian datang dan mengajukan pertanyaan yang sama tentang istimewa mana ilmu dibanding harta, tentu aku akan menjawab seluruhnya dengan alasan yang berbeda selagi aku masih hidup." Akhirnya orang-orang khawarij itu mengakui ketinggian ilmu Ali bin Abi Thalib.


Rabu, 04 Januari 2012

Siapa Yang Salah



inilah fenomena yang terjadi di masyarakat, penyakit yang sudah sangat parah di alami oleh bocah yang berada di kecamatan longkip pemko subulussalam aceh. dengan alasan yang memang nyata yaitu ketiadaan biaya untuk berobat. disaat aceh sedang gencar memberlakukan jaminan kesehatan aceh. 


ini bukan kutukan tapi ini ujian wahai saudaraku 


semua pasti ada hikmanya.




Sabtu, 31 Desember 2011

Pengertian ilmu Filsafat


KEDUDUKAN FILSAFAT DALAM PENGETAHUAN.

Apa itu filsafat ? dengan pertanyaan ini kita telah memasuki medan filsafat. Karena petanyaan yang dimulai dengan apa merupakan pertanyaan filsafat. Pertanyaan demikian dijawab dengan perngertian. Lalu pengertian dirumuskan dengan defenisi.Yang jelas, filsafat itu adalah pengetahuan. Filosof  yang menyusun buah pikirannya yang pada akhirnya akan membentuk yang kita sebut sebagai filsafat dari filosofi itu. Sebelum kita mengetahui serta medalami lebih tentang pengertiannya serta pemahamannya kita akan melihat dahulu pengertian  bahwa filsafat sebagai ilmu pengetahun.
Adapaun pengtahuan yang dimiliki oleh manusia itu terbagi dua jenis.
  1. Pengetahun yang berasal dari manusia itu sendiri.
  2. Pengetahuan dari luar manusia.

Pengetahun yang kedua yang di percaya dari pencipta manusia itu sendiri dan alam (orang beragama disebut Tuhan) yan kemudian di istilahkan dengan wahyu. Orang-orang yang berfilsafatkan materialisme tidak percaya adanya jenis pengetahuan yang kedua ini. Kenapa? karena memang mereka tidak percaya adanya Tuhan. Al-Kindi menyebutkan pengetahun yang kedua ini merupakan pengetahun Ilahi, dengan dasar keyakinan dan untuk jenis pengetahun pertama itu merupakan pengetahuan manusiawi yang dasarnya adalah hasil pemikiran.

Selanjutnya pengetahuan jenis pertama atau pengetahuan manusia itu di bagi menjadi tiga bagian. Yaitu :
  1. Pengetahuan Indera : kita dapat menilhat, mendengar merasa atau mencium segala sesuatu. Pengalaman pancaindera ini melalui proses pemikiran langsung menjadi pengetahuan yang kita istlahlah denan pengetahun indera.
  2. Pengetahuan Ilmu : kita berfikir secara radikal dan sistematis, kemudian disertai dengan riset atau eksperimn. Hasil berpikir dan berbuat dengan metode (penelitian ilmiah) ini akan membentuk pengetahun pula yang pada akhrinya kita sebut dengan pengetahuan ilmu.
  3. Pengetahuan Filsafat.: kita memikirkan segala hal seara sistematis, radikal, serta universal yang dimana sistem berpikir kita akan membentuk pengetahuan yang yang istilahkan dengan pengetahuan filsafat.

Pengertian filsafat Menurut para ahli.

1.     Plato. Filsafat tidak lain daripada pengetahuan tentang segala yang ada. Hal ini tentu sangat berat untuk menjadi seorang filosof. Mengapa karena untuk menjadi seorang filosof harus mengetahui semua cabang ilmu, bukankah ilmu pengetahun itu setiap tahun berkembang. Mungkin jaman Plato masih bisa atau cocok. Namun secara logika kita berpikir bahwa tidak mungkin plato tahu tentang perkembangan ilmu serta mampu menguasai ilmu pengetaun jaman sekarang, seandainyapun ia berumur ratusan bahkan ribuan tahun ia tidak akan mampu untuk menerapkan pengertian dari filsafat itu sendiri. Jadi pendapat ini tidak cocok lagi dengan jaman sekarang.  Yang di tuntuk dari seorang filsof

2.     Aristoteles ( (384 – 322 SM) Bahwa kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Dengan demikian filsafat bersifat ilmu umum sekali. Tugas penyelidikan tentang sebab telah dibagi sekarang oleh filsafat dengan ilmu.
3.  Cicero ( (106 – 43 SM ) Filsafat adalah sebagai “ibu dari semua seni “( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae (seni kehidupan )
4. Manuel Kant ( 1724 – 1804 )Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.
·              Apakah yang dapat kita kerjakan ?(jawabannya metafisika )
·              Apakah yang seharusnya kita kerjakan (jawabannya Etika )
·              Sampai dimanakah harapan kita ?(jawabannya Agama )
·          Apakah yang dinamakan manusia ? (jawabannya Antropologi )
5. Sidi Gazalba.Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran, tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.
6.  Paul Nartorp (1854 – 1924 )Filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .
7.  Al Farabi Filsafat adalah ilmu ( pengetahuan ) tentang alam maujud bagaimana hakikat yang sebenarnya.
8.  Bertrand Russel. Filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah antara teologi dan sains. Sebagaimana teologi , filsafat berisikan pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah yang pengetahuan definitif tentangnya, sampai sebegitu jauh, tidak bisa dipastikan;namun, seperti sains, filsafat lebih menarik perhatian akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu.
9.  Al-Kindi, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang mulia. Filsafatnya tentang keesaan Tuhan selain didasarkan pada wahyu juga proposisi filosofis. Menurut dia, Tuhan tak mempunyai hakikat, baik hakikat secara juz'iyah atau aniyah (sebagian) maupun hakikat kulliyyah atau mahiyah (keseluruhan).
Dalam pandangan filsafat Al-Kindi, Tuhan tidak merupakan genus atau species. Tuhan adalah Pencipta. Tuhan adalah yang Benar Pertama (al-Haqq al-Awwal) dan Yang Benar Tunggal. AL-Kindi juga menolak pendapat yang menganggap sifat-sifat Tuhan itu berdiri sendiri. Tuhan haruslah merupakan keesaan mutlak. Bukan keesaan metaforis yang hanya berlaku pada obyek-obyek yang dapat ditangkap indera. Menurut Al-Kindi, Tuhan tidak memiliki sifat-sifat dan atribut-atribut lain yang terpisah dengan-Nya, tetapi sifat-sifat dan atribut-atribut tersebut haruslah tak terpisahkan dengan Zat-Nya. Jiwa atau roh adalah salah satu pembahasan Al-Kindi. Ia juga merupakan filosof Muslim pertama yang membahas hakikat roh secara terperinci. Al-Kindi membagi roh atau jiwa ke dalam tiga daya, yakni daya nafsu, daya pemarah, dan daya berpikir. Menurutnya, daya yang paling penting adalah daya berpikir, karena bisa mengangkat eksistensi manusia ke derajat yang lebih tinggi. Al-Kindi juga membagi akal mejadi tiga, yakni akal yang bersifat potensial, akal yang telah keluar dari sifat potensial menjadi aktual, dan akal yang telah mencapai tingkat kedua dari aktualitas.
Akal yang bersifat potensial, papar Al-Kindi, tak bisa mempunyai sifat aktual, jika tak ada kekuatan yang menggerakkannya dari luar. Oleh karena itu, menurut Al-Kindi, masih ada satu macam akal lagi, yakni akal yang selamanya dalam aktualitas.
Daftar Pustaka :
Gazalba, 1992. Sistematika Filsafat Buku Pertama. PT. Bulan Bintang Jakarta.
Mustopo,1983. ilmu budaya dasar. Usaha Nasional. Surabaya
www.pengetahuan agama.





KESALAHAN TEORI EVOLUSI


Teori EVOLUSI yang tidak dapat dipertahankan lagi

Pemikiran evolusionis itu muncul seriing dengan zaman dengan keyakinan dogmatis yang dimana ia berusaha untuk  mengingkari adanya fakta penciptaan makhluk.Penganut pagan di zaman Yunani kuno yang dengan gigih mempertahankan gagasan evolusi. Namun sebenarnya bukan semata filsuf pangan ini yang berperan melainkan yang sangat berperan disini adalah tentang keimanan kepada yang pencipta atau Tuhan. Teori evolusi merupakan buah filsafat yang bersifat materialistis yang muncul bersamaan dengan kebangkitan filsafat-filsafat materialistis kuno dan kemudian menyebar luas pada  abad ke-19.
Paham materialisme berusaha menjelaskan alam semata melalui faktor-faktor materi. Karena menolak penciptaan, pandangan ini menyatakan bahwa segala sesuatu, hidup ataupun tak hidup, muncul tidak melalui penciptaan tetapi dari sebuah peristiwa kebetulan yang kemudian mencapai kondisi teratur. Akan tetapi, akal manusia sedemikian terstruktur sehingga mampu memahami keberadaan sebuah kehendak yang mengatur di mana pun ia menemukan keteraturan. Filsafat materialistis, yang bertentangan dengan karakteristik paling mendasar akal manusia ini, memunculkan "teori evolusi" di pertengahan abad ke-19. Orang yang mengemukakan teori evolusi sebagaimana yang sebagian manusia masih mempertahankan hingga kini
Sebagai seorang ilmuan pada saat ini haruslah ditunjukan dengan fakta ilmiah. Dan tentu untuk melakukan penelitian tentu dibutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang hal tersebut. Memperoleh pengetahuan seperti dewasa ini kita tentu harus memiliki jenjang pendidikan. Setidaknya ada landasaan dasar untuk mengemukana suatu ide atau gagasan. Darwin tidak pernah mengenyam pendidikan formal di bidang biologi. Ia hanya memiliki ketertarikan amatir pada alam dan makhluk hidup. Minat tersebut mendorongnya bergabung secara sukarela dalam ekspedisi pelayaran dengan sebuah kapal bernama H.M.S. Beagle, yang berangkat dari Inggris tahun 1832 dan mengarungi berbagai belahan dunia selama lima tahun. Darwin muda sangat takjub melihat beragam spesies makhluk hidup, terutama jenis-jenis burung finch tertentu di kepulauan Galapagos. Ia mengira bahwa variasi pada paruh burung-burung tersebut disebabkan oleh adaptasi mereka terhadap habitat. Dengan pemikiran ini, ia menduga bahwa asal usul kehidupan dan spesies berdasar pada konsep "adaptasi terhadap lingkungan". Menurut Darwin, aneka spesies makhluk hidup tidak diciptakan secara terpisah oleh Tuhan, tetapi berasal dari nenek moyang yang sama dan menjadi berbeda satu sama lain akibat kondisi alam.

Hipotesis Darwin tidak berdasarkan penemuan atau penelitian ilmiah apa pun, tetapi kemudian ia menjadikannya sebuah teori monumental berkat dukungan dan dorongan para ahli biologi materialis terkenal pada masanya. Gagasannya menyatakan bahwa individu-individu yang beradaptasi pada habitat mereka dengan cara terbaik, akan menurunkan sifat-sifat mereka kepada generasi berikutnya. Sifat-sifat yang menguntungkan ini lama-kelamaan terakumulasi dan mengubah suatu individu menjadi spesies yang sama sekali berbeda dengan nenek moyangnya. (Asal usul "sifat-sifat yang menguntungkan" ini belum diketahui pada waktu itu.) Menurut Darwin, manusia adalah hasil paling maju dari mekanisme ini.
Darwin menamakan proses ini "evolusi melalui seleksi alam". Ia mengira telah menemukan "asal usul spesies": suatu spesies berasal dari spesies lain. Ia mempublikasikan pandangannya ini dalam bukunya yang berjudul The Origin of Species, By Means of Natural Selection pada tahun 1859 Darwin sadar bahwa teorinya menghadapi banyak masalah. Ia mengakui ini dalam bukunya pada bab "Difficulties of the Theory". Kesulitan-kesulitan ini terutama pada catatan fosil dan organ-organ rumit makhluk hidup (misalnya mata) yang tidak mungkin dijelaskan dengan konsep kebetulan, dan naluri makhluk hidup. Darwin berharap kesulitan-kesulitan ini akan teratasi oleh penemuan-penemuan baru; tetapi bagaimanapun ia tetap mengajukan sejumlah penjelasan yang sangat tidak memadai untuk sebagian kesulitan tersebut. Sungguh suatu hal yang sudah jelas salah namun masih dipaksakan.
Mari kita lihat satu contoh kecil yang paling masuk akal. Manusia pertama dimuka bumi ini adalah Nabi Adam dan Hawa. Mereka merupakan manusia pertama dimuka bumi namun bukan makhluk pertama di planet bumi ini. Nabi Adam dan Hawa datang kebumi bukan satu tempat melainkan di tempatkan di daerah yang berbeda. Arafah merupakan tempat mereka bertemu setelah sekian lama berpisah.  Sedangkan sebelum Nabi Adam diturunkan di planet ini. Allah berfirman yang terdapat di dalam Al-qur`an Surah Al-Baqarah Ayat 30 Dan (Ingatlah) Ketika Tuhanmu Berfirman Kepada Malaikat “ Aku Akan Menjadikan Khalifah Dimuka Bumi….(Al-qur`an ). Khalifah yang pertama dimuka bumi adalah Adam.
Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan benarlah perkataan-Nya di waktu Dia mengatakan: "Jadilah, lalu terjadilah", dan di tangan-Nya-lah segala kekuasaan di waktu sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang ghaib dan yang nampak. Dan Dialah yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. (QS. Al An'aam, 6: 73)
Mungkin banyak factor yang menyebabkan teori ini bisa diterima orang pada masa itu. Namun setelah melihat fakta kesalahan dari teori ini masihkan mereka percaya atau bahkan mereka akan mencari alasan lain untuk mempertahankan teori ini. Atau mereka ingin menunjukkan pada orang bahwa mereka masin cinta kepada nenek moyangnya yang merupakan seekor kera.  

Kamis, 29 Desember 2011

Aceh Singkil




SEKILAS KABUPATEN ACEH SINGKIL
singkil-aceh
singkil-aceh
Aceh Singkil adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung barat daya Provinsi Aceh-Indonesia. Aceh Singkil merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan dan sebagian besar wilayahnya berada di kawasan berawa-rawa dan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kabupaten ini secara fisik terdiri dari dua wilayah, yakni wilayah daratan dan wilayah kepulauan. Kepulauan yang menjadi bagian dari kabupaten Aceh Singkil adalah Kecamatan Kepulauan Banyak yang terletak di pantai barat kabupaten ini. Ibu kota kabupaten Aceh Singkil terletak di kecamatan Singkil dan aktifitas keseharian Pemda kabupaten dipusatkan di kawasan Pulau Sarok, Singkil. Singkil berada di jalur barat pantai pulau Sumatera yang menghubungkan Banda Aceh-Meulaboh-Tapaktuan-Medan dan dari Medan dapat dicapai dengan transportasi darat menuju ke arah barat selatan Sumatera Utara, Sibolga.

LETAK GEOGRAFIS
Kabupaten Aceh  Singkil terletak di Pesisir Pantai Barat Sumatera dengan luas wilayah 2.187 Km2 terletak di  2° 02’ - 2° 27’ 30” Lintang Utara / 97° 04’ - 97° 45’ 00” Bujur timur yang berbatasan langsung dengan Kota Subulussalam disebelah Utara, Samudera Indonesia disebelah Selatan, Provinsi Sumatera Utara disebelah Timur dan Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan disebelah Barat.
Kabupaten Aceh Singkil terbagi dalam 10 Kecamatan, 15 Mukim dan 117 Desa / Kelurahan dan memiliki jumlah penduduk sebesar 102.804 jiwa pada tahun 2008 menurut data Badan Pusat Statistik kabupaten Aceh Singkil. Dan dari jumlah penduduk tersebut terjadi persebaran di setiap Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Singkil dan dapat dilihat pada tabel dibawah ini :
No
Nama Kecamatan
Jumlah Penduduk
Persentase Penyebaran
 Penduduk / Kecamatan                  
1
Pulau Banyak
6.469
6,32%
2
Singkil
16.868
16.41%
3
Singkil Utara
8.624
8.39%
4
Kuala Baru
2.404
2.34%
5
Simpang Kanan
13.775
13.40%
6
Gunung Meriah
31.055
30.21%
7
Danau Paris
5.599
5.45%
8
Suro Makmur
7.734
7.52%
9
Singkohor
5.026
4.89%
10
Kota Baharu
5.223
5.08%
Dari table diatas dapat dilihat bahwa persebaran penduduk paling banyak berada di Kecamatan Gunung Meriah yang memiliki jumlah penduduk sebesar 31.775 jiwa. Hal ini disebabkan karena Kecamatan Gunung Meriah secara umum dapat dikatakan sebagai sentra bisnis di kawasan Kabupaten Aceh Singkil. Dan pusat pemerintahan kabupaten Aceh Singkil berada di Kota Singkil yang juga merupakan Ibukota dari Kabupaten Aceh singkil.
Dipilihnya Singkil sebagai Ibukota dianggap tepat oleh sebagian kalangan namun hal terseut tidaklah terlalu efektif. Mengingat jarak tempuh bagi kecamatan lain yang ada di kawasan aceh singkil tersebut untuk mengurus adm. Lihatlah bagaimana jauhnya jarak antara Subulussalam dengan kantor untuk layanan umum. Bagi masyarakat subulussalam atau gelombang harus berpikir 2 kali untuk pergi ke singkil kerna bisa memakan  yang lama. Pada akhir Subulussalam melepaskan dari kabupaten ini dengan menjadikan Subulussalam menjadi Pemkot. Sehingg wilayah Aceh singgkil sebulumnya begitu luas menjadi lebih kecil.
Kondisi geografis ini membuat Kabupaten Aceh Singkil merupakan salah satu Kabupaten yang mempunyai letak strategis di Provinsi Aceh. Hal ini dibuktikan dengan telah dibukanya jalur perhubungan laut antara Singkil–Gunung Sitoli Kotamadya Nias dan rencana pembangunan jalan darat antara Kecamatan Kuala Baru Kabupaten Aceh singkil dengan Kecamatan Trumon yang berada di Kabupaten Aceh Selatan. Selain itu Kabupaten Aceh Singkil juga telah membangun dan mengoperasikan Bandar Udara Syeh Hamzah Fansuri sebagai sarana perhubungan udara yang  membuka jalur penerbangan antara Singkil– Medan dan Singkil Banda Aceh ataupun sebaliknya.

PARIWISATA
Sejak berdirinya Kabupaten Aceh Singkil pada tahun 1999 telah banyak pengembangan-pengembangan yang dilakukan disegala bidang yang bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) terutama disektor pariwisata. Sebagai daerah tujuan wisatawan lokal dan mancanegara yang memiliki keunikan budaya, keindahan alam dan masyarakat yang ramah , Singkil telah dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia seperti Eropa, Amerika Serikat, dan Australia dari tahun 2002 hingga saat ini. Walaupun masih ada kekurangan disana-sini, Kabupaten Aceh Singkil terus berbenah diri agar sektor pariwisata dapat diandalkan sebagai salah satu sektor yang menghasilkan Pendapatam Daerah yang besar. Pertumbuhan pembangunan pariwisata dan jumlah kunjungan wisatawan ke Singkil disikapi dengan positif oleh masyarakat lokal dan menganggap fenomena yang terjadi sebagai peluang emas yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya.
Berikut adalah daftar nama – nama tempat wisata yang berada di Kabupaten Aceh Singkil
No
Tempat Wisata
Alamat
Jarak dari ibukota Kabupaten
1
Pulau Palembak
Kec. Pulau Banyak
45
2
Pulau Tailana
Kec. Pulau Banyak
50
3
Ujung Lolok
Kec. Pulau Banyak
60
4
Pulau Bengkaru
Kec. Pulau Banyak
75
5
Air Terjun Lae Paris
Kec. Danau Paris
50
6
Rawa Singkil
Kecamatan Singkil
2
7
Pantai Pulo Sarok
Kecamatan Singkil
1
8
Pantai Cemara Indah
Kec. Singkil Utara
15
9
Air Terjun Lae Gecih
Kec. Simpang Kanan
40
10
Air Terjun Siompin
Kec. Suro Makmur
45
11
Air Terjun Lae Petal
Kec. Suro Makmur
50












Entri Populer