Allah Is My GOD, Islam Is My Religion, Muhammad Is My Prophet, Quran Is My Book. Alhamdulillah

Selasa, 24 Mei 2011

MENGAPA INDONESIA BISA ATASI PENGARUH KRISIS GLOBAL


Kita sudah pasti tahu tentang krisis ekonomi yang yang melanda dunia. Yang penyebarannya saat cepat kepejuru dunia berawal dari Negara amerika serikat. Tanggal 15 September 2008  menjadi catatan kelam perekonmian amerika serikat. Kebangkrutan Leman Brother yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di investasi atau bank senior yang masuk dalam 5 besar bank di amerika serikat menjadi awal drama krisis keuaangan di Negara yang mengaung agungkan sistem kapitalis tanpa batas. Siapa yang manyangka suatu Negara yang merupakan tembok kapitalis dunia runtuh. Celakanya apa yang terjadi di Negara amerika serikat tersebut dengan cepat menyebar dan menjalar ke seluruh dunia. Hanya karena beberapa saat informasi runtuhnya pusat keuangan dunia di amerika transaksi bursa saham  dibelahan dunia seperti hongkong, China, Australia, singapura dan korea selatan. Dan Negara lainnya mengalami penurunan drastis.  Bahkan bursa saham Indonesia (BEI) harus disuspend selama beberapa hari, pemerintah pun tidak ketinggalan ikut panic dan menyikapi permasalahan ini.
Indonesi merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara yang bisa bertahan dari pengaruh krisis global tersebut. Lalu apa saja yang menjadikan indoensia bisa melewati hal tersebut. Diantaranya
  1. Penduduk Indonesia itu banyak
Jumlah penduduk Indonesia yang dinyatan masuk 5 besar di dunia marupakan salah satu sebab Indonesia bisa bertahan karena semakin bayak pendukuk tentu transaksipun tentu banyak terjadi.

  1. Indonesia sudah pernah mengalami krisis ekonomi
Akhir tahun 1997 indonesia dilanda krisis menoter yang sangat parah, harga melonjak naik. Tinkat peredaran uang yang sangat tinggi. Hal ini merupakan salah satu pelajaran yang dijadiakan sebagai bekal untuk menghadapi hal serupa.

  1. UMKM.
Usaha kecil dan menengah di Indonsia merupakan faktor yang paling berperan dalam  dalam menghapi pengaruh dari krisis global. Jenis usaha kecil yang memang banyak terdapat di Inoneisia
.
  1. tidak terlalu berganguntung pada kegian ekspor impor.
  2. kebijaksanaan yang diterpakan oleh pemerintah.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Entri Populer